Profil Pondok Pesantren Modern Al-Furqan Cabang Muhammadiyah 3



PROFIL PONDOK PESANTREN MODERN AL-FURQAN
MUHAMMADIYAH CABANG BAJARMASIN 3
A.    Latar Belakang Berdirinya
    Pada awalnya lembaga pendidikan ini adalah MTs dan PAUD yang hanya terdiri dari Play Group dan Penitipan Anak (belum adaTKnya). Latar belakang  didirikannnya MTs pada waktu itu antara lain karena di Banjarmasin ada dua buah MI Muhmmaduyah yang berkwalitas sangat baik yaitu Muhammadiyah Sei Kindaung 1 dan 2 serta beberapa SD Muhammadiyah yang kualitasnya juga tinggi  seperti SD Muhammadiyah 8, 9 dan 10 sedangkan pada tingkat MTs/SMP pada saat itu boleh dikatakan Muhammadiyah belum  memiliki  MTs/SMP yang dapat diandalkan sehinga kebanyakan alumni madrasah dan SD Muhammadiyah tersebut meneruskan studinya pada madrasah atau sekolah bukan milik Muhammadiyah, sementara Play Group dan Penitipan Anak waktu itu di Banjarmasin tidak begitu banyak, sehingga kami memandang perlu untuk membuka  ( Play Group dan Penitipan Anak satu gedung dengan MTs tapi lokalnya berbeda).

B.     Sejarah berdirinya
    Lembaga pendidikan ini mulai dibangun pada tanggal 16 September 2004 di atas lahan kurang lebih 450  meter ( lebar lahan rata-rata kurang lebih 18,5  dan panjang kurang lebih 25  meter). Lahan tersebut berasal dari wakaf ibu Jubaidah dengan lebar kurang lebih 18,5   meter dan panjang 10 meter, sedangkan sisanya yaitu lebarnya kurang lebar 18,5  meter dan panjangnya 15  meter dibeli dari ibu Jubaidah ( ibu yang mewakafkan tanah). Lahan ini terletak di jalan Sultan Adam Komplek Kadar Permai 2 ujung.
     Lembaga pendidikan ini dibangun oleh Panitia Pembangunan dan Pengembangan Lembaga Pendidikan Muhammadiyah yang dibentuk oleh Pengurus Cabang Muhammadiyah Banjarmasin 3 yang pada waktu itu diketuai oleh H, Tajudin Noor, Sekretaris Drs. Sarbaini, MPd sementara Panitia Pembangunan diketuai  oleh Drs.H. Murhan Zuhri, M.Ag, Sekretaris Harnadi dan Bandahara Fauliyah, akan tetapi karena bendahara waktu itu sibuk bekerja bendahara digantikan oleh Dra.Hj. Sukmawati Darlan.
    Lembaga pendidikan ini diresmikan pada tanggal 26 Rabiul Akhir 1426 H/4 Juni 2005   M, oleh Pjs Walikota Banjarmasin yang waktu itu diwakili oeh Kabag Kesra (Dra, Hj. Rahmah Nurlias ) dan diisi dengan acara pengajian yang disampaikan oleh Prof.D. H. Khairuddin, M,Ag. Sedangkan kegiatan belajar mengajar baik MTs maupun Play Group dan Penitipan juga dimulai pada tahun  yang sama yaitu pada tahun ajaran 2005  /2006, dengan jumlah murid MTs 29 orang sedangkan Play Group dan Penitipan berjumlah 13 orang.
    Pada tahun berikutnya yaitu tahun 2006/2007 dibuka Madrasah Ibtidaiyah. Dibukanya madrasah ini antara lain disebabkan cukup banyaknya  masyarakat yang datang dan berminat ingin menyekolahkan anak mereka di MI, dan keinginan mereka kami respons dengan membukanya ternyata madrasah ini (MI) mendapat murid yang banyak yaitu  54 orang.
   Jumlah murid tersebut kami pandang sangat pantastis, karena pada saat itu banyak SDN/SDS serta MI  di Banjarmasin yang kesulitan mendapatkan murid baru sebanyak itu, sehubungan dengan cukup banyaknya SDN yang kekurangan murid, maka pada tahun tersebut dan tahun-tahun sebelumnya dan beberapa tahun sesudahnya cukup banyak SDN yang satu komplek atau yang letaknya berdekatan di merger, sedangkan MIS dengan jumlah seadanya (tidak terdengar adanya yang dimerjer sekalipun ada MIS yang jumlah muridnya cukup sedikit).
    Karena keterbatasan ruangan dan sulitnya mencari tambahan tenaga pendidik /pengasuh Penitipan Anak dan dan Play Group pada saat itu, maka Penitipan Anak dan Play Group ditutup pada tahun ajaran itu, dan alat-alat bermain dihibahkan/diserahkan ke TK Aisyiyah Ar-Rahim.

C.    Perobahan ke Pondok Pesantren Modern “Al-Furqan”
     Memperhatikan perkembangan MI dan MTs yang cukup menggembirakan, dan Muhammadiyah di Kalimantan Selatan baru memiliki 1 Pondok Pesantren yaitu hanya Pondok Pesantren  “Al-Amin” di Alabio ysng jaraknya kurang lebih 200 km dari Banjarmasin, maka timbullah gagasan dari Ketua Pembangunan untuk menjadikan lembaga pendidikan ini menjadi Pondok Pesantren.
     Gagasan ini ternyata mendapat dukungan dari panitia lainnya, Pengurus Muhammadiyah Cabang , Daerah dan Wilayah disamping para tokoh dan simpatisan  Muhammadiyah /Aisyiyah terutama para tokoh dan simpatisan Muhammadiyah di lingkungan Cabang Banjarmasin 3 serta ORTOM-ORTOM baik yang ada di lingkungan Muhammadiyah maupun Aisyiah.
     Dalam rangka untuk mewujudkan ide tersebut Panitia membeli lahan dengan H. Baihaqi HMS yang terletak di jalan Cemara Ujung dekat pasar Perumnas Kayu Tangi Banjarmasin dan di atas lahan inilah yaitu pada tanggal 21 Nopember 2006 dimulainya pembangunan Pondok Pesantren. Pembangunan Pondok Pesantren ini sempat terhenti karena tidak ada yang meneruskannya di saat Ketua Pembangunan pergi melaksanakan ibadah haji, namun bangunan tersebut sudah pakai tongkat dan sudah dipasang lantainya namum tiang belum berdiri.
     Pada tanggal  5 Apr1l 2007 dilaksanakan tabligh Akbar dan pemancangan tiang dalam rangka mencari dana untuk meneruskan  pembangunan tersebut. Yang menyampaikan Tabligh Akbar adalah Bapak Prof. D. H.M Amin Rais, MA yang kehadiran beliau pada acara tersebut didampngi oleh Bapak Ir. Catur Saptu Edy Anggota DP Pusat Praksi PAN sementara yang memancangkan tiang adalah  Gubernur Kalimantan Selatan yaitu Bapak H. Rudy Arifin
     Dalam rangka untuk melaksanakan system pendidikan yang akan diterapkan pada Pesantren Al-Furqan Banjarmasin maka ketua Panitia (Drs.H. Murhab Zuhri, M.Ag pada waktu itu atas persetujuan Pimpinan Cabang Muhammadiyah berangkat ke Pondok Pesantren Muhammadiyah Imam Syuhada Sukoharjo Jawa Tengah yang dipimpin oleh K.H. Yunus El-Muhammady. Pada   waktu itu Pesantren ini sering diinformasikan sebagai salah satu Pondok Pesantren yang cukup maju dan punya harapan berkembang pesat di masa yang akan dayang
     Kedatangan ketua pembangunan Ponpes Al-Furqan Banjarmasin ke Ponpes ini disamping  disambut dengan baik, juga diberi motivasi dan masukan yang cukup banyak dan  sangat berharga bagi kami yaitu antara lain pesan yang beliau tekankan adalah “ Pendidikan jangan dipisah “ seperti  SMP/MTs, SMA/MA, SMK pagi hari sampai siang dan sorenya “ Diniyah”, karena menurut hasil studi banding beliau dkk lakukan, apabila hal ini terjadi maka ada lembaga pendidikan  yang dinomor duakan anak, sehingga waktu belajar pagi muridnya banyak sementara di sore hari santrinya hanya sedikit,
   Apa yang disampaikan K.H. Yunus l-Muhammady ini kami terapkan di Pondok kami, sehingga kami belajar dari jam 07.30 s/d 16.15 dari hari Senin sampai Kamis dan dari 07.30 sampai selesai sholat Jum’at dan sholat Zuhur setelah hari Jum’at dan Sabtu dengan kurikulum campuran antara kurikulum Pemerintah dan Pondok. Untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta pengamalan ajaran agama kami melaksanakan mabit bagi para santri secara bergikran pada malam Jum’at, malam Sabtu dan malam Ahad.
     Perlu kami informasikan bahwa Lembaga Pendidikan Al-urqan resmi menjadi Pondok Pesantren pada tanggal 11 Jumadil Tsani 1429 M/1 Juni 2008 yang peresmiannya dilakukan oleh  Gubernur Kalimantan Selatan yaitu Bapak H. Rudy Arifin yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Bapak Drs. H. Muhlis Gafuri karena pada hari yang sama menurut informasi yang kami terima Bapak Gubernur menghadiri Pembukaan Latihan perang-perangan di Samarinda yang dibuka Presiden RI. Sementara itu yang memberikan cermah di Ponpes Al-Furqan adalah Bapak H.M. Amin Rais, MA. Pada hari ini juga langsung peletakan batu pertama pembanguna SMK Farmasi oleh Sekda Provinsi, H.M. Amin Rais, Walikota Banjarmasin, Yudi Wahyuni.
    Disamping itu perlu pula kami informasikan bahwa saat ini kami sedang membangun masjid Pondok dengan ukuran 17 x 33 berlantai 2 ditambah dengan guest house serta tambahan 1 lapangan footsal. Diharapkan bangunan-bangunan ini bisa diresmikan oleh Ketua PP Muhammadiyah pada bulan Maret 2017 dan direncanakan pada hari tersebut dan hari berikutnya dilaksanakan acara LP3 M di Ponpes Al-urqan Banjarmasin. Pemancangan Batu pertama pembangunan masjid  Pondok dilaksanakan oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Rudy Arifin dan Penceramah DR.H. Mu’thie, M.Ed (Sekjen PP Muhammadiyah sekarang).  UntuK bangunan  Masjid Gubernur berjanji member 2 milyar dan pada tahun anggaran 2014 yang lalu kami terima 1 milyar dan yang 1 milyarnya direncanakan akan diserahkan pada ABT tahun 2016 ini yaitu di masa kepemimpinan gubernur baru yaitu Bapak Sahbirin.

D.    Visi
Menjadikan Pondok Pesantren Al-furqan sebagai salah satu Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Terkemuka di Indonesia.

E.     Misi
1.      Melaksanakan pendidikan yang Islami dan berkwalitas
2.      Menyiapakan dan menerapkan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan zaman
3.      Menyediakan tenaga pendidik dan kependidikan yang professional dan memiliki kompetensi dibidangnya
4.      Menyelenggarakan proses pembelajaran yang dapat menghasilakan lulusan yang berkwalitas
5.      Menyiapkan sarana dan prasarana yang berkwalitas dan lengkap

F.     Pimpinan Pondok Pesantren
  Pimpinan Pondok Pesantren Modern Al-Furqan periode II 2014-2018 berdasarkan Surat Keputusan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Banjarmasin Nomor : 10/KEP/III.4/D/2014 Tahun 2014 sebagai berikut :
I.          Dewan Penasehat
1.      Pimpinan Cabang Muhammadiyah Banjarmasin 3.
2.      Dikdasmen PCM Banjarmasin 3.
3.      Prof. Dr. H. Ahmad Khairuddin, M. Ag.
4.      Dr. H. Karyono Ibnu Ahmad.
5.      Dr. H. Sarbaini, M.Pd.
6.      Dr. H. M. Fauzi, M.Sc.
7.      Ir. H. Akhsan Zuzaimah.
8.      Dr. H. Suryani, MA.
9.      H. Muhammad Shaleh Ali Said.

II.       Pengurus Harian
1.      Direktur                      :  Drs. H. Murhan Zuhri, M.Ag
2.      Wakil Direktur           :  Muhammad Nadir, S.Ag., M.Pd, M.Stud.
3.      Sekretaris                   :  Drs. H. Abdul Manaf, M.Pd
4.      Wakil Sekretaris         :  Fahmi Riady, SH.I., M.Si
5.      Bandahara                  :  Hj. Ronna Mahda Fauliya, S.Pd
6.      Wakil Bandahara       :  Nafilah, S.E.




III.    Bidang-bidang
1.      Bidang Kurikulum dan Pengembangan SDM
a.       Muhammad Ali Fikri, M.Pd
b.      H. Mairijani, M. Ag.
2.      Bidang Pengembangan Pembangunan
a.       Ir. H. Syaiful Muthaher.
b.      Ir. Anwar Effendi.
c.       H.  Lutfhi Rahman, S.H.
3.      Bidang Pembantu Umum
a.       M. Solihin, S.Pd
b.      Roy Akhriannoor, S.Pd
c.       Suyatno, A.Md
G.    Jumlah Lembaga Pendidikan yang ada di lingkungan Ponpes Al-Furqan
Sampai Tahun Ajaran 2015/2016 ada 4 lembaga pendidikan di lingkungan Pendidikan Al-Furqan yaitu :
1.      Madrasah Ibtidaiyah kegiatan PBM nya dimulai tahun ajaran 2006/2007
2.      Madrasah Tsanawiyah kegiatan PBM nya dimulai tahun ajaran 2005/2006
3.      SMK Farmasi PBM nya dimulai tahun ajaan 2011/2012
4.      MA PBM nya dimulai tahun ajaran 2013/2014
H.    Kurikulum yang digunakan.
1.      Madrasah Ibtidaiyah , Tsanawiyah dan Aliyah menggunakan  kurikulum Kementerian Agama dan Pondok Pesanteren yang dirancang sendiri (hasil musyawarah Pimpinan Pondok , Ustadz, Ustazah dan Pimpinan Muhammadiyah Cabang Banjarmasin 3, Kota Banjarmasin dan Muhammadiyah wilayah Kalimantan Selatan).
2.      SMK, dan MA Menggunakan kurikulum kemendikbud dan kemenag serta kurikulum Pondok yang dirancang oleh pihak-pihak sebagaimana di sebutkan di atas.




I.       Ustadz/Ustadzah, Santri/Santriwati dan Rombongan Belajar

Madrasah /Sekolah yang ada
Ustadz

Ustazdah
Jumlah
Santri
Santriwati
Jumlah
Jumlah kels/rombel







MI
13
21
34
421
342
763
22
MTs
24
34
58
457
278
735
24
SMK
13
14
27
19
39
58
3
MA
11
14
25
30
35
65
1
JUMLAH
61
83
144
927
694
1621


J.      Karyawan/Karyawati Madrasah/Sekolah dan Pondok
   
Level Pondok
Tenaga Kependidikan
Jumlah
Laki-laki
Perempuan
MI
5
4
9
MTs
3
3
6
SMK
2
3
5
MA
-
1
2
PONDOK
1
3
4
TOTAL
11
10
26

K.   Sarana Prasarana (bangunan semuanya berlantai 2 semi permanen).
1.      Madrasah Ibtidaiyah terdiri dari 22 ruang belajar, 1 ruang kepala madrasah, 2 ruang wakamad, 3 ruang tata usaha, 7 buah kantin, 1 mushalla, 8 kamar mandi, 15 buah WC, halaman kurang lebih 500 m, sedang tanah MI seluruhnya sekitar 2.453 m.
2.      Madrasah Tsanawiyah terdiri dari 24 ruang belajar, 1 ruang lab. Bahasa, 1 ruang     lab. IPA,        1 ruang lab.komputer (ke tiga lab ini dipakai bersama-sama dengan SMK Farmasi, dan MA), 1 ruang kepala madrasah, 3 ruang wakamad, 2 ruang guru,   1 ruang TU, 1 ruang UKS, 1 ruang BP, 1 ruang OSIS, 5 kamar mandi,  12 WC  dan 4 tempat wudhu.
3.      Madrasah Aliyah terdiri 4 ruang belajar, 1 ruang kepala Madrasah, 1 ruang, wakamad, 1 ruang guru, 1 ruang TU,  1 ruang UKS, 1 ruang BP, 1 kamar mandi dan 2 buah WC serta  3 tempat wudhu.  Khusus untuk tempat wudhu dipakai bersama-sama antara MA dan SMK.
4.      SMK Farmasi terdiri dari 3 ruang belajar, 1 ruang lab Produk, 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang TU, 1 ruang guru, 1 ruang BP, 1 ruang UKS,1 kamar mandi, 2 buah WC.
5.      Pondok terdiri dari 1 ruang pimpinan pondok, ditambah sarana/prasarana yang digunakan bersama antara MTs, MA, dan SMK Farmasi yaitu halaman dengan ukuran 23 x 41 m, taman sekolah 2,5 x 80 m, 1 lab komputer, 1 lab bahasa,                 1 perpustakaan, 2 buah ruang serbaguna dan 5 buah kantin pondok dan 1 buah koperasi pondok.
6.      Bangunan yang sedang dibangun penambahan 1 mesjid, 1 guest house, 1 lapangan Futsal,  
7.       Alat transportasi yang dimiliki berupa  1 buah minibus merk Elf, 1 buah Pick Up merk Suzuki dan 2 buah tosa.
8.      Lahan pondok yang sudah digunakan untuk MI, MTs, MA, SMK Farmasi kurang lebih 5.600 m, sedangkan sisanya (yang belum digunakan) kurang lebih 4000 m.
9.      Rencana sisa lahan tersebut akan digunakan untuk  pembangunan asrma putri, penambahan lokal MI dan madrasah Aliyah.


                                                                        PIMPINAN PONDOK


                                                Direktur,                                                           Sekretaris
                                                      ttd                                                                       ttd

                                    Drs. H. Murhan Zuhri, M.Ag                      Drs. H. Abdul Manaf, M.Pd

     
   
Share on Google Plus

About Unknown

0 komentar:

Posting Komentar